KURIKULUM

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan Kami, Tiadaklah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka. (QS Ali Imron 190-191).

PENGEMBANGAN DIRI

Kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat. Prinsip dasar pengembangan diri di SD Islam Khalifah Annizam Palembang adalah “Semua Anak adalah Juara.

PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP

Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup terintegrasi dalam berbagai aktifitas di sekolah baik ketika kegiatan belajar mengajar di kelas atau dalam berbagai pembiasaan­pembiasaan. Aspek kecakapan hidup yang dikembangkan meliputi Kecakapan Personal yang meliputi; kesadaran diri dan kesadaran berikir. Kecakapan Sosial yang meliputi; kecakapan berkomunikasi dan kecakapan kerjasama.

PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

Pada prinsipnya, pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah.

PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP)

Pendidikan kewirausahaan diperlukan sebagai bekal siswa dalam menghadapi kehidupan nyata di masyarakat yang penuh dengan persaingan. Dengan bekal pendidikan kewirausahaan sederhana, diharapkan siswa memiliki kreativitas, kemandirian dan kemampuan melihat peluang melalui berbagai kegiatan seperti; program Market Day secara rutin, kunjungan ke tempat usaha, Entrepreneur Day dan Proyek Bisnis.

PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL GLOBAL

Pendidikan Keunggulan Lokal yang dikembangkan meliputi; permainan tradisional dan kesenian tradisional. Sedangkan Pendidikan Keunggulan Global yang dikembangkan meliputi; Bahasa Inggris, Bahasa Arab Sederhana, Keterampilan Pidato serta Ilmu Komputer.